apakah cemburu itu ?

cemburu itu sebenarnya bukan berarti cinta, karena sebenarnya cemburu itu perasaan seseorang yang tidak ingin kehilangan sesuatu yang sedang dia miliki, wajar saja jika seorang cowok cemburu jika melihat ceweknya dengan cowok lain,

 Maka mustinya kalau diterima cemburu itu sebagai tanda cinta, berarti cemburu punya makna yang positif. Tapi benarkah ? Dalam definisinya cemburu ternyata bermakna negatif karena disebut sebagai suatu perasaan cemas orang yang ingin mempertahankan agar tak kehilangan apa yang ia miliki dan menginginkan apa yang bukan miliknya untuk menjadi miliknya. Perasaan cemas itu disebut juga rasa iri atau dengki, sehingga melibatkan unsur lain dalam dirinya yakni perasaan tidak suka atau menolak sesuatu yang sedang dilihat atau dirasakannya.

Lalu bila kita kaitkan dengan pengertian cinta eros sebagai cinta yang menjurus pada egoisme, maka bila cemburu sudah menggumpal dan dirasa membuat luka di hati seseorang, bisa terjadi ia akan merusak dan « menyerang » dirinya sendiri atau orang yang sedang dicemburuinya. Maka tak heran sering kita dengar dan baca berita adanya orang yang bunuh diri karena patah hati (cemburu yang sudah akut) atau sebaliknya dengan kalap dan membabi-buta menghabisi suami atau istri, atau pasangan selingkuh, yang mendatangkan rasa cemburu itu.

0 komentar:

Copyright © 2012 diera aviantara.